Melukat Ke Sudemala, Bangli

Tanggal 1 ini aku diajak melukat ke sebuah tempat yang diberi nama Sudemala. Disana terdapat sebuah pura kecil di pinggir sungai, tepatnya di atas tebing. Pura Sudemala terletak di banjar Sedit, desa Belabang, Bangli. Kalau dari pusat kota Bangli, arahnya menuju selatan, kira-kira 10 menit. Untuk mencapai pura ini, kita melewati jalan menurun yang cukup terjal.

Melukat berarti membersihkan diri baik secara jasmani maupun rohani. Di Sudemala aku bersama calon mertua dan kerabat yang punya rumah di Bangli berendam di sebuah sungai dangkal yang airnya jernih sekali dan juga dingin. Di sebelah sungai, tepatnya di bawah pura Sudemala, ada 10 pancuran air yang berasal dari rembesan tebing di pinggir sungai itu.

Setelah berendam, kami membersihkan diri di pancuran itu, menurut tradisi, pancuran yang digunakan dimulai dari yang paling kiri, kemudian pindah ke kanan satu persatu. Segarnya air dan sejuknya udara membuat pikiran pun menjadi lebih fresh.

Ada yang unik disini, tidak ada tempat khusus yang membedakan pria dan wanita, semua sama, bahkan aku sendiri melihat seorang perempuan muda yang berendam tanpa sehelai benang pun. Tentu saja hanya terlihat dari belakang, tapi jujur, tidak ada pikiran kotor yang terlintas.

Selesai membersihkan diri dan berganti pakaian dengan yang bersih, kami beranjak ke pura Sudemala, dengan dipimpin seorang pemangku yang memang stand by disana, kami menghaturkan sembah di pura.

Di perjalanan pulang, namun belum jauh dari lokasi Sudemala, kami makan hidangan ikan mujair di sebuah rumah makan sederhana, ditambahkan dengan rujak khas Bangli yang diberi nama Rujak Bangli. Rujak ini sebenarnya lebih tepat dinamakan Loloh. Sayang sekali aku tidak membawa kameraku, jadi tidak ada dokumentasi untuk ini.

2 thoughts on “Melukat Ke Sudemala, Bangli

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s