Lulus Tes CPNS

Akhirnya saya lulus dalam tes CPNS, bukan di pemerintah daerah yang ada di Bali, tapi di lingkungan Kopertis Wilayah VIII. Jangan salah sangka, walaupun calon mertua saya adalah seorang wakil ketua DPRD namun kelulusan saya ini murni dari usaha sendiri dan saya jelas boleh berbangga atas hal ini.

Maaf, saya sama sekali bukan bermaksud sombong dan merasa lebih hebat dari teman-teman yang lain, tapi terus terang saya merasa sangat bahagia karena apa yang saya raih dari SD sampai kuliah dan termasuk kelulusan dalam test CPNS ini murni jerih payah sendiri, tidak ada KKN.

Saya menegaskan hal itu karena tidak jarang orang yang selalu memandang negatif pada kita ketika kita berhasil. Saya ingat ketika dulu saya bekerja menjadi dosen di kampus STIE Triatma Mulya (lebih dikenal Mapindo). Waktu itu masih saja ada kerabat yang bertanya pada saya, “siapa yang naruh disana?”, dan saya kaget mendengar pertanyaan tersebut.

Mereka mengira saya bisa bekerja disana atas dasar KKN, asal tahu saja, tempat saya bekerja waktu itu adalah sebuah kampus swasta, malu donk hanya untuk mnejadi dosen di kampus swasta kita masih pakai KKN. Apa kata dunia?

Kembali tentang kelulusan saya, saat ini saya sedang melengkapi syarat-syarat untuk permohonan untuk SK CPNS yang katanya akan dikirim ke Jakarta, setelah SK itu keluar barulah saya mulai bekerja dan resmi menjadi CPNS (bukan/belum PNS).

Saya sendiri tidak tahu apakah saya akan betah nantinya bekerja di Kopertis Wilayah VIII karena jabatan saya adalah Teknisi, bukan dosen. Mudah-mudahan masih ada peluang untuk bisa menjadi dosen.

Sebenarnya saya ikut test CPNS itu bisa dibilang tanpa persiapan matang. Sebelum ujian pun tidak belajar, tes tahap pertama saya ikuti bersama sekitar 30 orang lainnya untuk memperebutkan 1 lowongan Teknisi Komputer termasuk beberapa teman satu alumni yang saya kenal.

Akhirnya 5 orang lulus untuk tes tahap final termasuk saya. Saya masih belum berani berharap banyak dan tes ini saya ikuti saja. Pada saat tes final ini, soalnya adalah sesuai bidang saya yaitu komputer, saya cukup senang karena ada beberapa soal yang memang saya cukup paham dan kebetulan yang saya ajarkan di Stikom Bali.

Namun secara umum saya prediksi nilai saya akan hancur dan saya pesimis lulus karena lowongan yang tersedia CPNS hanya 1 dan diperebutkan oleh kami berlima. Tes selesai, panitia mengatakan pengumumannya tanggal 14 Nopember.

Tanggal 14 Nopember saya datang ke Kopertis untuk melihat pengumuman dan ternyata pengumumannya diundur sekitar 2 minggu. Saya pun kecewa dan berprasangka buruk terhadap panitia, saya menduga ada sesuatu yang tidak beres karena pengumumannya diundur sampai sekian lama.

Tanggal 1 Desember saya iseng datang kembali untuk melihat pengumuman sekaligus mendaftar tes CPNS di pemerintah kota Denpasar, di GOR tembau, di sebelah Kantor Kopertis Wilayah VIII. Saya kaget dan tidak percaya bahwa saya yang lulus. Selama 2 hari saya belum berani cerita kepada siapa-siapa bahwa saya lulus tes CPNS.

Begitulah ceritanya, sebenarnya masih ada satu tes CPNS lagi yang saya ikuti dan belum keluar pengumumannya yaitu di STP Nusa Dua Bali. Test-nya sudah tanggal 25 Oktober namun sampai saat ini belum keluar pengumumannya. Satu lowongan dosen komputer yang tersedia saya perebutkan hanya berdua.

Kebetulan 1 orang lagi adalah orang yang saya kenal, dia juga dosen di Stikom Bali. Jadi peluang lulus saya 50%. Tes di pemkot denpasar pun batal saya ikuti karena saya rencana fokus ke yang sudah pasti di Kopertis Wilayah VIII.

Tahun ini banyak juga teman saya lulus dalam test CPNS diantaranya Dayu lulus di BKN, Yobi dan Pande lulus di Imigrasi serta Putu Hery yang lulus di Universitas Udayana. Dari sekian yang saya sebutkan saya yakin sepenuh hati mereka juga lulus dengan “bersih”. Selamat ya buat semuanya.

Untuk teman-teman yang ikut ujian CPNS di pemerintah daerah baik provinsi ataupun tingkat kabupaten semoga juga bisa lulus, walaupun menurut kabar yang beredar di tempat ini agak sulit untuk lulus.

10 thoughts on “Lulus Tes CPNS

  1. Ping-balik: wirautama.net » Blog Archive » I’m Pass

  2. Wah wah wah… SeLamat ya BLi. Setidaknya sekarang adalah masa-masa menunggu yang sangat diharapkan. Tapi ini sedikit saran saya loh…. untuk Resign, ditunda dulu deh. Tunggu kepastiannya kapan SK itu bakalan diterima dan BLI mulai masuk kerja. Pengalaman saya tempo hari, musti nunggu 6 bulan setelah pengumuman untuk mendapatkan SK dan dua bulan lagi untuk ngantor. Jadi yah, santai aja BLi. Nikmati gaji bulanannya di tempat lama dulu. Ha…..

  3. Bener apa kata Pak Wira, percayalah dia Lulus Bersih (Murni tanpa KKN). Kopertis LULUS dan STP juga LULUS (kayaknya bingung ya mau pilih yang mana? he he he he he he). 50% yang di STP sekarang sudah jadi 100% milik sendiri ya! Selamat dan Sukses ya!

  4. saya jg kebetulan baru lulus tes cpns dosen…
    cuman kalo lebih asyik lagi setelah lulus di olesin minyak kayu putih…. pasti lolos lagi….
    Kami Distibutor dan Supplier Satu-satunya Minyak kayu Putih (Cajuput Oil) Asli – Ambon – untuk firma Abdulalie -, yang kami datangkan langsung dari Namlea P.Buru, Untuk kualitas kami jamin ada Certifikat Analisis, Harga mulai dari Rp.85.000 per paket (2 botol @200ml) dan Rp98.000 untuk (paket 2 botol @ 400 ml) plus ongkos kirim. (pulau jawa Rp.7500/Paket)
    Merk yang kami jual adalah “Menjangan Kasuari” dan “Merpati Putih”
    Juga Minyak Cengkih Asli – Maluku
    Kami juga menyediakan bibit minyak kayu putih per botol (botol syrup ABC) Rp.300.000 + ongkos kirm, ke seluruh indonesia
    Kami Juga Melayani Paket Bibit Minyak Kayu Putih ASLI Pulau Buru (NAMLEA) per liter/kilo Rp.195.000 + Ongkos Kirim
    sedia dalam jumlah grosir, partai dan eceran.
    juga melayani stok untuk perusahaan besar.
    dan juga pemesanan istimewa dalam jumlah eceran, partai dan grosir.
    pengiriman dari ambon ke seluruh indonesia maksimal 2 minggu.
    Untuk Transfer Ke Rekening Kami Via Rekening Bank MUAMALAT
    Atas nama : ODE ABDURRACHMAN
    No Rek. 601923 902 0825499
    Telp. 0914 – 2705044 (Maluku Tengah – Ambon) – bisa sms
    Alamat: Jl.DR H. Tarmizi Taher, Kompleks IAIN Ambon 97128 – Maluku
    telp. 085 243 567 800 (om_brama)
    NB : Minyak Kayu Putih Asli Ambon produksi firma “Abdulalie” tersedia dengan merek Menjangan & Kasuari, dan merpati putih bisa anda peroleh dengan memesan/menghubungi kami di
    via e-mail
    om_brama@yahoo.com

  5. @semuanya : terima kasih atas komentarnya, saat ini saya akhirnya memilih menjadi dosen di STP Nusa Dua Bali, dibawah Departemen Kebudayaan dan Pariwisata, jadi PNS juga walopun saat ini masih CPNS, bersykur kepada Tuhan, terima kasih Tuhan..

Tinggalkan Balasan

