Cara Mendapat Ide Untuk Tulisan Blog

Faktor terpenting untuk kesuksesan seorang blogger ketika menulis blog adalah bagaimana mendapat ide untuk tulisan di blog-nya. Ide untuk tulisan di blog tidak hanya harus ide yang bagus, tetapi harus original. Ketika seorang blogger bisa mendapatkan ide yang bagus dan original untuk tulisan di blog, maka kemungkinan untuk mendapatkan trafik terbuka lebar.

Banyak blogger beranggapan bahwa menuangkan ide menjadi tulisan di blog membutuhkan lebih banyak waktu dibanding mendapat ide untuk tulisan tersebut. Tetapi kadang yang terjadi adalah sebalik, ada blogger yang sulit untuk menemukan ide yang bagus untuk tulisan di blog dan membutuhkan waktu yang lama untuk menemukan ide tersebut.

Berikut ini beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk mendapat ide untuk tulisan di blog anda :

  1. Mendapat ide dari masalah anda sendiri. Misalnya ketika anda bingung bagaimana cara agar bisa menulis status di Facebook dari Twitter, atau ketika blog mengalami masalah dengan plugin tertentu. Ketika anda berhasil menemukan caranya, anda telah mendapat ide, tuangkanlah hal itu menjadi sebuah tulisan. Tentu akan sangat menarik bagi pembaca dan kemungkinan besar sangat berguna bagi mereka yang mengalami masalah yang sama.
  2. Mendapat ide dari masalah orang lain. Ketika seseorang mengungkapkan masalah tentang internet pada anda, atau seorang blogger yang menulis tentang suatu masalah, anda harusny tertarik dan tertantang untuk mencari pemecahannya, dan ketika berhasil, anda telah mendapat ide untuk tulisan di blog.
  3. Aktif di milis atau forum untuk mencari ide. Bukan hanya sebagai orang yang sering bertanya, sesekali berusahalah memberi solusi terhadap masalah orang lain. Milis dan forum adalah gudang ide yang tidak ada habisnya, dengan syarat anda bisa dan mau berusaha mencari solusi dari masalah yang dihadapi orang lain di sana.
  4. Rajin membaca komentar di blog lain. Ketika berkunjung ke blog lain, blogger umumnya jarang membaca komentar yang sebelumnya sudah ada disana. Sesekali cobalah membaca karena tidak jarang komentator bertanya kepada pemilik blog tentang suatu masalah, dan itu artinya peluang anda mendapat ide telah terbuka.

Itulah beberapa cara untuk mendapat ide untuk tulisan di blog, selamat mencoba..

Original post disini

4 komentar di “Cara Mendapat Ide Untuk Tulisan Blog

  1. Ping balik: Cara Mendapat Ide Untuk Tulisan Blog « Learn 2 Listen

Tinggalkan komentar