Desktop vs Website

Beberapa bulan yang lalu, saya mendapat proyek program desktop dari perusahaan paman saya, tapi sayang skill saya sepertinya belum mumpuni untuk mengerjakannya, ditambah lagi waktu yang sepertinya belum mencukupi untuk fokus kesana.

Walaupun saya mencoba untuk bekerja sambil belajar, tetap saja belum cukup untuk hal itu. Akhirnya saya mencoba mengajak seorang teman untuk join mengerjakan proyek ini, tapi sayang, dia juga ternyata sibuk.

Akhirnya saya menghubungi teman yang belum terlalu saya kenal yang memang profesional untuk proyek seperti ini, saya serahkan proyek ini ke dia dengan terlebih dahulu saya minta mengajukan proposal ke paman saya.

Ketika dia ajukan, ternyata harga yang dia tawarkan sangat mahal, saya pun kaget, harganya empat kali lipat dari yang saya bayangkan, atau mungkin saya yang memang tidak tahu harga untuk program jaman sekarang.

Saya pun tidak tahu bagaimana kelanjutan proyek itu, namun sepertinya gagal karena saya tahu paman saya tidak mungkin mau dengan harga sekian.

Setelah chat dengan seorang teman malam ini, saya menjadi menyimpulkan sesuatu walaupun tanpa bukti. Saya pikir mengapa harga sebuah program desktop menjadi melambung tinggi dibandingkan dengan harga proyek website.

Ini mungkin dikarenakan kebanyakan programmer lebih suka mengerjakan proyek website ketimbang program desktop. Ini terbukti dari sekian teman-teman seperjuangan yang saya kenal semuanya lebih fokus ke web dibanding desktop.

Kata mereka program desktop ini kompleks, bribet dan mungkin uang yang didapat tidak sebanding dengan keringat yang menetes di dahi. Tapi mengerjakan proyek website lebih mudah, lebih mengasikkan karena tentunya kita sudah pasti berhubungan dengan yang namanya internet.

Mudah-mudahan saja persaingan yang ada tetap sehat, semoga temen-temen tidak terlalu menurunkan harga demi mendapatkan client sehingga harga pasaran untuk website tetap bisa dijadikan tambahan agar dapur tetap ngepul…

2 thoughts on “Desktop vs Website

Tinggalkan Balasan

