Rossi Kembali Ke Puncak

Valentino Rossi kembali ke puncak, setelah menjuarai balapan yang berlangsung di Jerez, Spanyol. Di seri pertama yang berlangsung di Qatar Rossi hanya mampu menduduki posisi kedua setelah tak mampu membendung kecepatan Ducati yang ditunggangi Casey Stoner.

Namun di seri kedua yang berlangsung di Jerez berhasil menduduki puncak podium dengan nyaris tanpa hambatan dan mengambil alih pimpinan klasemen sementara.

Di seri kedua kali ini Rossi menunjukkan kapasitasnya sebagai calon kuat juara dunia 2007, terbukti dengan jalannya balapan yang didominasi oleh Rossi. Setelah lomba yang berlangsung 27 lap dimulai, Rossi yang start dari posisi kedua langsung mendahului Pedrosa yang start di posisi terdepan.

Setelah berhasil memimpin lomba, Rossi tak tertandingi sampai menyentuh garis finis, bahkan Rossi sampai sempat terpaut 3 detik dengan pembalap di belakangnya. Pedrosa yang mengendarai Honda akhirnya hanya mampu finis di posisi kedua setelah dengan bersusah payah mempertahankannya dari kejaran pembalap Yamaha lainnya yaitu Colin Edward yang akhirnya finis di posisi ketiga.

Kemenangan Rossi kali ini juga mengakhiri paceklik gelar juara seri yang dialami sejak 10 Nopember 2006. Untuk pembalap sekaliber Rossi, ini merupakan rekor terburuknya, yaitu lima seri tanpa gelar juara. Ini merupakan gelar pertamanya dalam enam balapan terakhir.

Juara seri pertama Qatar, Casey Stoner hanya mampu finish di posisi kelima. Kekuatan Ducati ternyata kurang cocok dengan sirkuit Jerez ini yang penuh dengan tikungan. Kemampuan pembalap ketika melibas tikungan lebih diperlukan disini, bukan hanya kekuatan motor tapi juga skill pembalap.

Ini dibuktikan oleh The Doctor yang mengendarai Yamaha, top speed yang dibukukan oleh Rossi bahkan di luar 10 besar. Tapi dengan skill yang tak tertandingi Rossi mengakhiri balapan dengan sempurna. Kelemahan Yamaha pada horsepower dapat ditutupi oleh skill Rossi.

Dimana sang juara dunia? Penampilan Nicky Hayden masih jauh dari harapan pendukungnya. Di seri pertama hanya mampu finis di urutan 8, dan kali ini hanya mampu finish di posisi 7. Hayden masih berkutat dengan beberapa masalahnya, publik pun semakin meragukan kemampuan Hayden untuk mempertahankan gelar juaranya.

Seri ketiga MotoGP 800 cc akan berlangsung tanggal 22 April di sirkuit Istanbul Park, Turki.

Hasil 10 besar MotoGP 2007 seri kedua di Jerez :

  1. Valentino Rossi, Fiat Yamaha 45 menit 53,340 detik
  2. Dani Pedrosa, Repsol Honda 45: 54,586
  3. Colin Edwards, Fiat Yamaha 45: 56,041
  4. Toni Elias, Honda Gresini 45: 57,691
  5. Casey Stoner, Ducati Marlboro 45: 58,333
  6. Carlos Checa, Honda LCR 46: 3,34
  7. Nicky Hayden, Repsol Honda 46: 7,486
  8. Marco Melandri, Honda Gresini 46: 13,309
  9. Chris Vermeulen, Rizla Suzuki 46: 18,126
  10. Shinya Nakano, Konica Minolta Honda 46: 18,295

4 thoughts on “Rossi Kembali Ke Puncak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s