MotoGP 2007

MotoGP musim 2006 telah berlalu dengan kalahnya The Doctor Valentino Rossi, gelar juara dunia yang telah berada di depan mata terhempas begitu saja karena Rossi sempat terjatuh di seri terakhir yang merupakan penentuan gelar juara dunia MotoGP 2006.

Namun menyimak perjalanan selama tahun 2006, tidaklah berlebihan kiranya kalau kita menyebut bahwa Rossi adalah masih yang tercepat di arena balap motor paling bergengsi ini. Hambatan utamanya di tahun 2006 adalah tidak konsistennya motor Yamaha M1 yang ditungggangi Rossi, baik mesin maupun sasis, ditambah lagi nasib sial yang kerap kali datang menaungi The Doctor.

Tapi hal itu tak dapat diubah lagi, Nicky Hayden alias The Kentucky Kid tetaplah yang kini berhak menggunakan nomor 1 pada motor Honda-nya sebagai tanda bahwa dialah sang juara bertahan.

Kini MotoGP musim 2007 akan segera dimulai, terjadi perubahan regulasi yang sangat mencolok pada MotoGP 2007, diantaranya kapasitas mesin yang diturunkan dari 990 cc menjadi 800 cc, begitupun ukuran motor, dan lainnya.

Perubahan regulasi ini diharapkan dapat mengurangi kecepatan motor-motor MotoGP yang dianggap terlalu dahsyat, tapi hal ini tidak berhasil, bahkan motor 800 cc yang baru tidak jarang melampaui kecepatan motor 990 cc.

Dalam latihan-latihan yang telah dilaksanakan menghadapi musim 2007 ini, tampaknya sang juara bertahan Nicky Hayden akan kesulitan mempertahankan gelarnya, ini disebabkan motor Honda 800 cc yang baru belum “cocok” digunakannya karena terlalu kecil untuk ukuran badan Nicky Hayden.

Sementara Pedrosa yang juga menggunakan Honda tampaknya akan menjadi tulang punggung Honda, karena mungkin dialah satu-satunya pembalap Honda yang dapat diandalkan, terutama untuk menjegal The Doctor untuk “balas dendam” kepada Honda.

Bagaimana dengan The Doctor Valentino Rossi? Tanda-tanda balas dendam Rossi kini semakin jelas, walaupun bukan motor yang tercepat namun motor Yamaha M1 kini telah konsisten dan itu saja sudah cukup bagi Rossi untuk memenangkan balapan.

Tidak dapat dipungkiri bahwa Rossi memiliki skill yang luar biasa, anda pasti masih ingat bagaimana Rossi mengalahkan musuh-musuhnya di sirkuit. Hanya dengan motor yang lebih lambat saja dia masih bisa menjadi juara.

Contoh saja seri pertama Motogp 2004 ketika Rossi pertama kali menggunakan Yamaha, dia berduel dengan Max Biaggi yang menggunakan Honda yang saat itu merupakan motor yang paling sempurna dan akhirnya dimenangkan Rossi. Sejak itupun dipercaya dalam MotoGP skill pembalap adalah yang utama dibanding kecepatan motor.

Gelaran pertama MotoGP 2007 akan dilangsungkan di sirkuit Losail, Qatar, 10 Maret 2007. Sementara Yamaha sudah konsisten, Honda masih berkutat pada masalah motornya, dan mungkin saja Honda akan disalip oleh Ducati bahkan Suzuki atau Kawasaki yang notabene merupakan motor “kelas dua” di MotoGP.

Tanpa mengesampingkan pabrikan lainnya, namun tampaknya Rossi diatas motor Yamaha merupakan unggulan di seri pertama nanti.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s