Program Mencari Hari Lahir

Ditulis oleh : imadewira

Berikut ini merupakan program yang dapat digunakan untuk mencari hari kelahiran dengan inputan berupa 3 buah bilangan yaitu : tanggal lahir, bulan lahir dan tahun kelahiran. Kemudian akan didapat hari kelahiran yaitu Senin, Selasa atau hari lainnya. Inputan yang valid adalah tahun 2005 kebawah. Program ini dibuat menggunakan Quick Basic. Semoga bermanfaat.

Hasil Program

Berikut adalah script nya :

CLS
DIM tglA, blnA, thnA, tglB, blnB, thnB AS INTEGER
DIM bulan(12) AS INTEGER
DIM jmlhari, i AS INTEGER
bulan(1) = 31
bulan(2) = 28
bulan(3) = 31
bulan(4) = 30
bulan(5) = 31
bulan(6) = 30
bulan(7) = 31
bulan(8) = 31
bulan(9) = 30
bulan(10) = 31
bulan(11) = 30
bulan(12) = 31
PRINT “Masukkan Data Lahir Anda:”
INPUT “Tgl : “, tglA
INPUT “Bln : “, blnA
INPUT “Thn : “, thnA
tglB = 31
blnB = 12
thnB = 2006

IF (thnA MOD 400 = 0) OR ((thnA MOD 4 = 0) AND (thnA MOD 100 <> 0)) THEN
bulan(2) = 29
ELSE
bulan(2) = 28
END IF
jmlhari = 0
FOR i = blnA + 1 TO 12
jmlhari = jmlhari + bulan(i)
NEXT
jmlhari = jmlhari + bulan(blnA) – (tglA – 1)

FOR i = thnA + 1 TO thnB – 1
IF (i MOD 400 = 0) OR ((i MOD 4 = 0) AND (i MOD 100 <> 0)) THEN
jmlhari = jmlhari + 366
ELSE
jmlhari = jmlhari + 365
END IF
NEXT

IF (thnB MOD 400 = 0) OR ((thnB MOD 4 = 0) AND (thnB MOD 100 <> 0)) THEN
bulan(2) = 29
ELSE
bulan(2) = 28
END IF
FOR i = 1 TO blnB – 1
jmlhari = jmlhari + bulan(i)
NEXT
jmlhari = jmlhari + tglB

PRINT “Anda lahir pada hari : “;

DIM sisa AS INTEGER
sisa = jmlhari MOD 7
IF sisa = 0 THEN
PRINT “Senin”
ELSEIF sisa = 1 THEN
PRINT “Minggu”
ELSEIF sisa = 2 THEN
PRINT “Sabtu”
ELSEIF sisa = 3 THEN
PRINT “Jum’at”
ELSEIF sisa = 4 THEN
PRINT “Kamis”
ELSEIF sisa = 5 THEN
PRINT “Rabu”
ELSEIF sisa = 6 THEN
PRINT “Selasa”
END IF

About these ads

140 thoughts on “Program Mencari Hari Lahir

  1. #1
    Hehehe, nggak ngerti dimananya?
    Anda tinggal copy script diatas, paste di Quick Basic, kemudian jalankan.
    Masukkan Tgl = 13, Bln = 11, Thn = 1970, anda akan mendapatkan hasilnya.
    Kalau anda belum / kurang paham tentang pemrograman, dijamin nggak bakal ngerti, hehe. Semoga bisa membantu.

    • Aku mau minta tolong…boleh gak , kalo boleh aku hanya minta dicariin hari kelahiranku……
      3 Desember 1971
      Terima kasih banyak yah …

  2. tlg donk buatin program gudang, cthnya begini barang masuk dan barang keluar, setelah diinput barang masuk dan barang keluar trus stock ya masih ada juga keliatan gitu, thanks ya.

  3. #menkha
    ini program mencari hari lahir, program saya posting untuk dipelajari, bukan benar2 untuk mencari hari lahir.

    Kalau ingin benar2 mencari hari lahir, gampang aja, tinggal lihat kalender kan?

  4. duh sob…kbetulan di komp gw ga ad progaram quick basic…
    tp plis cariin y…!plis bngt…!
    maslah warisan juga neh….!

    Tnggal : 30
    Bulan : Maret
    Tahun : 1990

    plis bangt y….!

  5. wah keren mas,

    andai aku bisa jadi programer….
    masalahnya aku nol besar untuk kode-kode macam gitu

    tapi kalo tentang “mencari tanggal lahir dan hari lahir”, Insya Allah dikit-dikit aku bisa bantu rekan2 yang membutuhkan.

    biasanya sih bagi orang jawa banyak yang membutuhkah hari lahir dan pasaran-nya,

    silahkan berkunjung di http://www.kampungjawa.co.cc
    baca-baca, tulis tanggal lahir anda dikolom komentar (aku belum punya tempat khusus sih) dan… tunggu jawaban dari aku
    (numpang promosi mas),

    buat “Masternya Blog Mirror” trimakasih sebelumnya.

  6. tolong bantuin dong
    aku justru nggak ngerti tanggal lahir umum,maklum aku wong kampung banget .yg saya tahu cuma penanggalan jawa.kata bapak aku lahir dihari kamis legi,bulan jumadilakhir th 1969.
    atas bantuanya terimakasih.

  7. pak tau bu aq minta tolong ya plis banget
    weton aq kamis legi tapi ortu q lupa tanggal kelahirannya q
    aq lahir di tahun 1984
    kalau di tahun 1984 tu yang kamis legi tu ada berapa ya.

  8. saya coba cari, mlh blepotan nambah kagak jls ketemunya.
    tgl 9 pebruari 1972,hari minggu. cocok apa tidak kira2, tannya ke oraang tua, kalo ngak salah……..’ jawapannya begitu, mohon bantuannya ya……….
    matur suwun……

  9. ak lahir di hari sabtu pon,kt orang tua sy kl g slh sy lhr th 1983 tp mrk lp tgl dan bulannya..sy mau tanya tgl brp dan bln brp sy lhr?terimakasih

  10. wah kalau aku bener ga haru sabtu lahirnya?26 januari 1992?
    soalnya otonanku pernah slah nig.
    aku lahir anatara sabtu atau minggu ya?hehehe

  11. Tolongin Saya Dong….Please……?
    Saya Ingin Tahu Hari Lahir Saya
    Saya Di Lahirkan Pada Tgl : 13 – 04 – 1984.
    Hari Apa Sich………!
    Terima Kasih Ya……….

  12. cukup pake windows 7, klik di penunjuk jam di pojok kanan bawah, set tahun, bulan, tanggalnya… voila… ketahuan deh hari nya.. btw, 9 agustus 1972 hari rabu… ga usah pake aplikasi…. :)

  13. Saya mau minta bantu….
    saya benar2 tidaktau tanggal dan bulan berapa saya dilahirkan…
    soalnya orangtua saya dulu mencatatnya bulan hijriyah
    ini ttl saya.. Tahun 1992- tgl 16- bulan maulid nabi muhammad SAW,,..
    apa ada yang tau dg kalender masehi ini….
    tolong bantu saya… kumohon….

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s